Selasa, 29 Mei 2012

Tips Saat Melaksanakan Ujian UMB-PT

Tips Saat Melaksanakan Ujian UMB-PT 2012 - Ketika anda melakukan ujian, anda sedang mendemonstrasikan kemampuanmu dalam memahami materi pelajaran, atau dalam melakukan tugas-tugas tertentu. Ujian memberikan dasar evaluasi dan penilaian terhadap perkembangan belajar anda. Ada beberapa kondisi lingkungan, termasuk sikap dan kondisi anda sendiri, yang mempengaruhi anda dalam melakukan ujian. 


1) Datanglah dengan persiapan yang matang dan lebih awal.
Bawalah semua alat tulis yang kamu butuhkan, seperti : Kartu ujian, pensil 2B, pulpen, papan ujian, penghapus karet, jam (tangan), tip-x, penggaris, dan lain-lainnya yang menjadi syarat ujian. Perlengkapan ini akan membantu anda untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian. 

2) Tenang dan percaya diri.
Ingatkan diri anda bahwa anda sudah siap sedia dan akan mengerjakan ujian dengan baik. 

3) Bersantailah tapi waspada.
Duduklah dikursi sesuai no ujian anda, buat suasana senyaman mungkin untuk melakukan ujian. Pastikan tidak ada kerusakan pada meja atau kursi ujian anda, yang bisa menyebabkan suasana tidak nyaman. Pertahankan posisi duduk tegak, jangan lirik kanan lirik kiri, bisa-bisa anda akan dikeluarkan dari ruangan ujian. 

4) Jawab soal-soal ujian secara strategis.
Mulai dengan menjawab pertanyaan mudah yang anda ketahui, kemudian dengan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi, sehingga waktu mengerjakan lebih efisien. 

5) Ketika mengerjakan soal-soal pilihan ganda, ketahuilah jawaban yang harus dipilih/ditebak.
Mula-mulai, abaikan jawaban yang anda tahu salah. Tebaklah selalu suatu pilihan jawaban ketika tidak ada hukuman pengurangan nilai, atau ketika tidak ada pilihan jawaban yang dapat Kamu abaikan. Jangan menebak suatu pilihan jawaban ketika anda tidak mengetahui secara pasti dan ketika hukuman pengurangan nilai digunakan. Karena pilihan pertama akan jawaban anda biasanya benar, jangan menggantinya kecuali bila anda yakin akan koreksi yang anda lakukan. 

6) Sisihkan 10% waktu ujian untuk memeriksa ulang jawaban anda.
Periksa jawaban anda; hindari keinginan untuk segera meninggalkan kelas segera setelah anda menjawab semua soal-soal ujian. Periksa lagi bahwa anda telah menyelesaikan semua pertanyaan. Lihat kembali lembar jawaban anda , periksa bila ada kecerobohan (misalnya lupa mengisi identitas).

7) Setelah semua langkah di atas terlaksana, barulah anda bisa meninggalkan ruangan dengan aman dan tanpa keraguan lagi.