Minggu, 20 Januari 2013

SISTEM PENILAIAN SNMPTN JALUR UNDANGAN 2013 BAGIAN II (FINAL)

SISTEM PENILAIAN SNMPTN JALUR UNDANGAN 2013 BAGIAN II (FINAL) | SNMPTN UNDANGAN 2013| Sistem Penilaian SNMPTN Jalur Undangan 2013. Ada beberapa hal yang dijadikan penilaian di SNMPTN Jalur Undangan Tahun 2013. Perlu dicatat bahwa: Penilaian adalah otoritas MASING-MASING KAMPUS dan penilaian secara rincinya tidak diumumkan. hanya garis-garis besarnya saja yang dipublish. berikut ini beberapa kriteria sambungan dari bagian I, yaitu:
 
 
6. Prioritas pilihan jurusan
Bedasarkan survey tahun 2012 (1300an responden), 92% yg diterima undangan diterima di kampus pilihan I (baik jurusan pertama atau kedua). jadi mesti diperhatikan urutannya juga. kalo bisa yang realistis, tinggi boleh, tapi jangan terlalu.

7. Jumlah Alumni di PTN yang didaftarin
Jumlah alumni SMA mu yg kuliah di PTN yg km daftarin jg menjadi pertimbangan. Semakin banyak tentu makin bagus.
 
8. IPK/Prestasi Alumni
Jika alumni SMA mu punya prestasi bagus, tentu itu akan membuat PTN itu yakin thd kualitas siswa/i di sekolahmu.
 
9. Pengembangan SDM Daerah
Beberapa PTN memberi jatah daerah2 tertentu yg kekurangan SDM. Terutama jurusan2 yg menyangkut kesejahteraan masyarakat, seperti dokter. Karena nanti setelah lulus diharapkan bisa kembali dan meningkatkan kesejahteraan daerah asalnya.

10. Aturan Khusus tiap PTN
Aturan dari kampus perlu diperhatikan, terutama ttg 'lintas jurusan' dan 'surat pernyataan kesediaan membayar'. Tahun 2012, beberapa kampus membolehkan lintas jurusan (misal anak IPA milih jurusan IPS), namun ada jg yg ga boleh.

beberapa PTN jg mensyaratkan surat kesediaan membayar, misalnya UGM dan ITB. Bila tidak mengirim bisa kena biaya mahal atau malah bisa juga tidak diproses (di UGM).