Rabu, 02 Januari 2013

Ujian SMBPTN Nama Lain SNMPTN Jalur Tes Tertulis Tahun 2013

Ujian SMBPTN Nama Lain SNMPTN Jalur Tes Tertulis Tahun 2013. SMBPTN (Seleksi Mandiri Bersama) 2013 Adalah Ujian Pengganti / Nama Lain dari Ujian SNMPTN Jalur Tulis. Senin, 10 Desember 2012-Kabar baik bagi calon mahasiswa karena Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 gratis.

“Ini merupakan tekad kami untuk memberikan akses seluas-luasnya kepada para siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi,” ucap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh. Ketua SNMPTN 2013 yang juga Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB), Akhmaloka, menegaskan bahwa biaya pendaftaran calon peserta SNMPTN 2013 ditanggung oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). “Peserta SNMPTN 2013 tidak perlu membayar biaya pendaftaran,” ujar Akhmaloka.

Seleksi yang digelar 61 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ini, tahun depan tidak akan membuka jalur ujian tulis tetapi hanya jalur undangan. Daya tampung untuk SNMPTN 2013 mencapai 150.000 kursi atau 50% dari total kapasitas mahasiswa baru (maba) yang mencapai 300.000 kursi. Jalur ujian tulis tetap diadakan dengan nama Seleksi Mandiri Bersama (SMB) yang diselenggarakan Majelis Rektor PTN. Daya tampung seleksi ini mencapai 30%. Sedangkan 20% maba lainnya, diperoleh melalui Jalur Mandiri yang diselenggarakan masing-masing PTN.

Siswa yang dapat ikut dalam SNMPTN merupakan siswa yang memiliki rekam jejak prestasi akademik di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Kepala sekolah (Kepsek) harus mengirimkan data sekolah dan siswa ke PDSS. Setelah data diverifikasi, Kepsek mendapat password yang dapat digunakan siswa untuk mendaftar SNMPTN.

Sedangkan untuk Seleksi Mandiri Bersama (ujian tulis) dan Jalur Mandiri, akan tetap digelar dalam rangka memberikan kesempatan bagi lulusan tahun 2011 dan 2012. Selain itu jalur ini juga memberikan kesempatan kepada siswa berprestasi di bidang nonakademik, seperti olahraga dan seni serta kerja sama daerah.

Sejalan dengan program pemerintah terkait Bidikmisi, peserta dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan mempunyai prestasi akademik tinggi dapat mengikuti seleksi melalui SNMPTN. Jika diterima di PTN akan mendapatkan bantuan biaya pendidikan selama masa studi normal.

Jadi Semua materi yang akan di ujiankan dan model ujian tertulis SMB 2013 Sama seperti model Soal Ujian SNMPTN jalur Tertulis, hanya nama saja yang berubah yaitu dari SNMPTN Jalur Tulis menjadi Ujian SMB-PTN. 

Dapatkan soal Prediksi SMB-PTN 2013 Dengan Cara Klik Disini


*Sumber: dikti.go.id